Berikut Tips Terbaik Belajar Cepat Materi Conversation

Hallo readers, kamu kesulitan mempraktekkan Bahasa Inggris? Belajar Bahasa Inggris adalah perkara gampang-gampang susah. Kamu bisa dengan cepat belajar Bahasa Inggris jika kamu tekun dan terus berlatih. Namun, saat kamu masih merasa kesulitan dalam bercakap-cakap menggunakan Bahasa Inggris, kemungkinan besar cara belajarmu salah dan tidak efektif. Kamu sebaiknya mengubah cara belajarmu ya! Kami mempunyai beberapa tips untuk mempermudah peningkatan cara berbahasa Inggrismu, terutama dalam bidang conversation (percakapan).

Pada dasarnya belajar bahasa Inggris dengan metode paling awal adalah percakapan. Semakin sering kamu melatih percakapan bahasa inggrismu akan semakin cepat pelajaran menempel di otakmu. Sebelum kamu memulai percapakan beberapa hal berikut wajib kamu kuasai terlebih dahulu.

belajar bahasa inggris

Kuasasi Grammar (Tata Bahasa) 

Bagaimana bisa kamu memulai percakapan jika kamu tidak memahami grammar? Sebagian orang memang menyampingkan persoalan grammar dalam memulai percakapan. Namun, hal ini sebaiknya kamu kuasai terlebih dahulu, karena jika grammar yang kamu gunakan keliru terdengar aneh untuk diucapkan.  Bagi kamu yang baru pertama kali belajar bahasa Inggris, mungkin akan bertanya-tanya dan bingung akan memulai belajar dari mana. Pertanyaan seputar, sering kali dilontarkan oleh pembelajar bahasa inggris pemula. Dalam mempelajari bahasa asing bahasa apapun termasuk bahasa Inggris adalah sangat penting untuk mempelajari tata bahasa atau yang biasa dikenal dengan grammar.

Percakapan ala British biasanya memang sering menyampingkan persoalan grammar. Sebab mereka mengesahkan kondisi percakapan tersebut asal sama-sama mengerti saja. Tetap saja kamu sebagai pembelajar yang baik seharusnya memerhatikan grammar terlebih dulu ya!

Tenses bahasa inggris terbagi menjadi 16 bagian. Untuk memudahkanmu dalam mengingatnya kamu hanya cukup kuasai 4 bagian utama Tenses. 4 bagian tersebut adalah: Present Tense (Formula: S+Predicate [Verb1/ Tobe]), Past Tense (Formula: S+Verb2/Tobe), Future Tense (S+Will+V1/Tobe), dan Perfect Tense (S+have/has+V3/Tobe). Dengan menguasai 4 kunci utama Tenses tersebut kamu akan dengan mudah menguasai tenses yang lain. Berdasarkan pengalaman, beberapa pelajar memang mengeluhkan persoalan tenses untuk diinggat. Formulanya yang hampir-hampir mirip membuat pembelajar kesulitan untuk menemukan kunci utama untuk membedakannya. Setelah mengelompokkan ke empat bagian tenses tersebut, kamu akan dengan mudah mengingatnya. Sehingga kamu akan dengan lancar percaya diri untuk memulai percakapan bahasa Inggris.

Menghapal Vocabullary (Kosa Kata)
Setelah kamu menguasai 4 tenses utama, kamu sebaiknya menghapal kosa kata bahasa Inggris demi memudahkanmu untuk berani memulai percakapan. Kosa kata merupakan suatu kunci utama yang harus kamu perhatikan untuk memulai percakapan. Jika kamu tidak memiliki tabungan kosa kata, kamu akan kikuk dalam memulai percakapan. Dengan menghapal banyak kosa kata kamu akan lebih mudah untuk mengerti maksud yang disampaikan oleh lawan bicaramu. Sehingga percakapan pun akan semakin enjaoy dan nyaman. Kedua lawan bicara akan saling mengerti maksud yang disampaikan.

lalu bagaimana caranya untuk mudah menghapal kosa kata?

Kamu sebaiknya menggunakan note kecil yang selalu kamu bawa kemana pun kamu pergi. Membacanya berulang-ulang dengan pelafalan yang langsung di ucapkan. Pelajari minimal 3 hingga 6 kata perhari. Bacalah terus berulang-ulang di hari berikutnya agar kosa kata di hari yang lalu tidak terlupakan. Kamu bisa mempraktekkan menghapal kosa kata dengan metode menulis di note/catatan kecil ini ketika kamu menonton acara ataupun film berbahasa Inggris di rumah.

Latihan Soal

Setelah menguasai grammar dan kosa kata, kamu selanjutnya melanjutkan teknik belajar bahasa Inggrismu dengan latihan soal bahasa Inggris. Di sini lah metode langkah pertama dan kedua teruji readers!

Jika kamu masih menjawab soal bahasa Inggris dengan tidk tepat, artinya metode  langkah pertama dan keduamu masih kurang maksimal. Biasanya kamu akan kesulitan dalam menjawab persoalan yang membahas tenses dan kosa kata. Hal ini teruji jika jawabanmu adalah salah. Nah, jika hal ini terjadi pada dirimu, kamu harus giat lagi mengulang soal-soal yang salah. Kamu pelajari apa kata kunci yang tidak bisa kamu jawab. Tenses apa yang sering kamu lupa. Lalu kosa kata apa yang sulit untuk diingat. Kamu perlu mencatat semua soal yang kamu jawab salah. Selanjutnya perbaiki di buku catatan kecilmu. Dijamin deh, kamu akan menjawab soal dengan benar kemudian. Jangan ragu dan takut lagi deh. Kamu harus menerapkan trik ini dirumah ya.

Jangan Malu
Well, jika kamu sudah melewati metode langkah pertama, kedua, dan ketiga, tidak akan ada gunanya jika kamu mengalami perasaan malu. Ya, sebuah percakapan (conversation) tidak akan dimulai jika kamu merasa malu. Ketiga metode di atas akan teruji di sini readers! Jika kamu merasa gugup lebih baik kamu memulai percakapan sendiri atau self conversation. Maksudnya self conversation adalah kamu wajib menerapkan percakapan sendiri/ monolog. Nah, kamu tak perlu khawatir kalau akan dibilang crazy people! Kamu bisa menerapkan metode ini di kamar saat di depan kaca. Kamu bisa menggunakan berbagai macam cara. Misalnya berbicara dengan bahasa inggris dengan bonekamu sebelum tidur. Ajak bicara seperti kamu berbicara dengan temanmu di kelas. Keesokan harinya, percakapan tersebut akan terngiang-ngiang di kepalamu. Rasa malu akan seketika hilang. Kamu akan dengan percaya diri tinggi untuk memulai percakapan lebih dulu.

Nah, tunggu apa lagi readers! Terapkan keempat metode ini sebelum memulai percakapan ya! Semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *